Bantai Luton Town Lewat Comeback, Liverpool Nyaman di Puncak

Sukses membantai Luton Town 4-1 lewat kemenangan comeback, Liverpool duduk nyaman di puncak klasemen sementara Liga Inggris.

Liverpool menjamu Luton Town pada pekan ke-26 Liga Inggris 2023-2024.Duel Liverpool vs Luton Town berlangsung di Stadion Anfield, Rabu (21/2/2024) atau Kamis dini hari WIB.

Pada pertandingan tersebut, Liverpool berhasil meraih kemenangan comeback dan telak atas Luton dengan skor 4-1.Sempat tertinggal lewat gol Chiedozie Ogbene di babak pertama, The Reds berhasil bangkit dan mencetak empat gol balasan di babak kedua.

Duo Belanda, Virgil van Dijk dan Cody Gakpo, mengawali kebangkitan Liverpool berkat gol-gol sundulannya.

Kemudian disusul gol-gol dari Luis Diaz dan Harvey Elliott yang menggenapi kemenangan 4-1.Hasil ini membuat Liverpool duduk nyaman di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan 60 poin.

Mereka unggul 4 poin dari Man City di peringkat kedua yang masih menyimpan satu pertandingan.

Liverpool turun dengan kekuatan seadanya seiring kehilangan sejumlah pemain inti yang cedera saat menjamu Luton Town.Liverpool langsung mengancam saat laga baru menginjak lima menit dengan satu upaya dari Luis Diaz.

Akan tetapi, sepakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti masih melebar tipis di sisi kanan gawang Luton.Pada menit ke-10, kembali Diaz mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol.

Umpan tarik dari Harvey Elliott berhasil dimanfaatkan penyerang sayap asal Kolombia tersebut dengan tendangan salto.Meskipun tepat sasaran, aksi saltonya itu masih dengan mudah diamankan oleh Thomas Kaminski.

Justru Liverpool dibuat tertinggal lebih dulu lewat gol dari Chiedozie Ogbene saat laga memasuki menit ke-12.Berawal dari upaya individu dari Tahith Chong ke dalam kotak penalti, sepakannya sempat melewati kaki Caoimhin Kelleher dari sudut sempit.

Tendangan pemain buangan Man United tersebut mengarah ke Chiedozie Ogbene yang segera menyambut dengan sundulan.Tandukannya meluncur mulus ke gawang Liverpool yang kosong. Luton unggul 1-0.

Selepas gol Ogbene tercipta, intensitas serangan tuan rumah semakin meningkat dan di sisi lain tim tamu sesekali berani melancarkan serangan balik hingga menit ke-20

Tekanan yang diberikan The Reds ke lawan terus bergulir hingga memasuki setengah jam permainan.Peluang kembali didapat melalui sepakan jarak jauh Ryan Gravenberch, tetapi tendangannya masih dengan mudah diamankan oleh Kaminski pada menit ke-33.

Rapatnya barisan pertahanan Luton membuat para pemain Liverpool kesulitan dan frustrasi dalam mencari peluang hingga menit ke-40.Upaya-upaya lewat sepakan jarak jauh juga belum membuahkan hasil karena banyak yang melenceng dari target.

Tidak ada gol balasan dari Liverpool maupun gol tambahan dari Luton yang tercipta hingga paruh pertama berakhir.Kedudukan sementara 1-0 untuk Luton atas Liverpool.

Di babak kedua, intensitas serangan terus berlanjut dari Liverpool.Namun, gempuran yang bertubi-tubi dilancarkan oleh The Reds belum mampu membuahkan gol hingga menit ke-50. Tanda-tanda kebangkitan pasukan Juergen Klopp pun terlihat setelah itu.

Gol penyeimbang bagi Liverpool akhirnya mampu menyamakan skor 1-1 melalui tandukan Virgil van Dijk pada menit ke-56.Memanfaatkan sepak pojok dari Alexis Mac Allister, Van Dijk berlari menyambut datangnya bola dengan tandukan kepala. Sundulannya meluncur deras ke pojok kanan bawah gawang Luton yang tak bisa dijangkau Kaminski. Liverpool 1-1 Luton.

Dua menit kemudian, kompatriot Van Dijk, Cody Gakpo, giliran yang mencatatkan namanya di papan skor untuk membuat Liverpool berbalik unggul 2-1.Lagi-lagi Mac Allister yang menjadi arsitek dalam gol Liverpool. Kali ini umpan lambung kompatriot Lionel Messi itu di dalam kotak penaltinya yang mampu dijangkau oleh Gakpo.

Tandukan kepalanya gagal diamankan oleh Kaminski sehingga membuat Liverpool leading 2-1.Setelah itu dalam tempo empat menit menuju menit ke-60, Gakpo dan Van Dijk berturut-turut membahayakan gawang Luton masing-masing dengan sepakan dan sundulannya.

Liverpool akhirnya berhasil menyarangkan gol ketiga berkat Diaz pada menit ke-71.Berawal dari operan dari Andrew Robertson yang memanfaatkan sapuan kurang sempurna dari pemain Luton, Diaz langsung menusuk jantung pertahanan lawan.

Sempat mengecoh satu pemain Luton di dalam kotak penalti, sang pemain mampu menceploskan bola ke gawang lawan lewat sudut sempit dengan kaki kirinya. Liverpool unggul 3-1.Memasuki menit ke-75, Luton diserang habis-habisan oleh Liverpool yang membuat Kaminski berkali-kali menyelamatkan gawangnya.

Pada menit ke-83 Luton sempat mendapatkan peluang untuk menipiskan jarak melalui tendangan jarak jauh Ross Barkley, tetapi upayanya masih dengan mudah diamankan oleh Kelleher.Di masa injury time babak kedua, Liverpool berhasil menambah satu gol, kali ini lewat Harvey Elliott pada menit ke-90.

Memanfaatkan sapuan kurang sempurna bek Luton, Elliott yang berdiri bebas melepaskan tendangan placing kaki kiri yang tak bisa dijangkau oleh Kaminski. Liverpool 4-1 Luton.Adapun wasit keempat di pinggir lapangan memberikan tambahan waktu selama 8 menit.

Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta di antara kedua tim hingga laga bubaran.Liverpool selaku tuan rumah sukses mengamankan tiga angka berkat kemenangan 4-1 atas Luton Town.

Liverpool 4-1 Luton Town (Vigil van Dijk 56′, Cody Gakpo 58′, Luis Diaz 71′, Harvey Elliott 90′; Chiedozie Ogbene 12′)

Susunan pemain Liverpool dan Luton Town seperti dikutip dari laman resmi Premier League:

Liverpool (4-3-3): 62-Caoimhin Kelleher; 84-Conor Bradley (26-Andrew Robertson 68′), 78-Jarell Quansah, 4-Virgil van Dijk, 2-Joe Gomez; 10-Alexis Mac Allister (53-James McConnell 89′), 3-Wataru Endo, 38-Ryan Gravenberch (42-Bobby Clark 78′); 19-Harvey Elliott, 18-Cody Gakpo, 7-Luis Diaz (76-Jayden Danns 89′)

Pelatih: Juergen Klopp

Luton Town (3-4-2-1): 24-Thomas Kaminski; 15-Teden Mengi, 2-Gabriel Osho, 29-Amari’i Bell; 7-Chiedozie Ogbene, 28-Albert Sambi Lokonga (17-Pelly Ruddock Mpanzu 46′), 6-Ross Barkley, 45-Alfie Doughty (12-Issa Kabor√© 74′); 10-Cauley Woodrow (30-Andros Townsend 58′), 14-Tahith Chong (18-Jordan Clark 63′); 9-Carlton Morris

Pelatih: Rob Edwards