10 Tempat Paling Misterius di Dunia dengan Fenomena Aneh

Linkterkini; Indonesia- 10 Tempat Paling Misterius di Dunia dengan Fenomena Aneh. Diperkirakan sudah berumur hingga 4,54 miliar tahun, tak heran jika bumi menyimpan banyak misteri besar di dalamnya. Walau kini manusia telah menginjakkan kaki di luar angkasa, namun masih banyak misteri dari objek atau tempat-tempat aneh di bumi yang belum terjawab sampai sekarang.

Sebut saja Segitiga Bermuda yang penuh misteri. Ternyata, masih banyak sekali tempat-tempat paling misterius di muka bumi. Bahkan sampai sekarang, anomali dari sebagian tempat aneh tersebut tak bisa dijelaskan secara ilmiah, bahkan di luar nalar.

Penasaran apa saja? Mengacu dari Loveexploring.com, inilah tempat paling misterius di dunia.

1. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda menjadi tempat aneh yang bertanggung jawab atas tenggelamnya 176 kapal di antara tahun 1526 dan 1976. Dikabarkan juga puluhan pesawat dinyatakan hilang saat melintas di sini. Dinamakan Segitiga Bermuda, karena wilayah ini punya pola segitiga yang terbentuk dari garis dari pantai tenggara Amerika Serikat (AS) di Miami, Bermuda, dan Puerto Rico.

Spekulasi akan misteri arikan segitiga lautan di Samudra Atlantik ini pun bermunculan, mulai dari area mistis, teori yang rasional maupun tidak masuk nalar.

2. Mata Sahara

Mata Sahara adalah sebuah pusaran pasir yang nenyerupai mata banteng atau cangkang siput. Luas anomali geologis ini diperkiran punya lebar 48,2 km. Bukan cuma itu saha, Mata Sahara pertama kali terlihat saat para astronot terbang ke luar angkasa.

Para ahli geologis meyakini bahwa Mata Sahara terbentuk akibat jatuhnya meteorit. Tapi, ada beberapa teori lain yang menganggap bahwa tempat ini adalah sebuah kubah kawah pasir yang terkikis.

3. Api Abadi

Dalam hukum fisika, hal yang mutlak apabila api akan padam jika disiram dengan air atau udara dingin. Namun, hukum fisika tersebut tak berlaku di Chestnut Ridge Park, New York. Pasalnya, wisata taman alam ini menyimpan sebuah “api merah” yang terus menyala di balik air terjun yang deras.

Lantas, fenomena aneh ini dinamakan dengan Api Abadi. Bukan hal mistis, ternyata api yang menyala tersebut terjadi dari proses gas metana alami yang merembes melalui celah-celah batu.

4. Uluru, Australia

Terbang ke Australia, ada Uluru yang merupakan gunung bebatuan raksasa yang terbentuk dari monolit batu pasir sekitar 550 juta tahun lalu. Batu ini terdiri dari permukaannya yang merah karena oksidasi dan batuan abu-abu di bawahnya.

Lokasinya ada di Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta. Selain menjadi tempat wisata alamnya, dulunya Uluru menjadi tempat suci bagi orang Anangu. Mereka meyakini bahwa batu ini dibentuk oleh leluhur yang menciptakan dunia.

5. Air Terjun Darah

10 Tempat Paling Tempat paling misterius yang ada di bumi berikutnya adalah air terjun darah di Antartika. Tak ada darah, warna merah pada air terjun diperoleh dari kandungan besi dan salinitas yang tinggi.

Fenomena menyeramkan ini bermula saat sebuah danau air asin terjebak di dalam Gletser Taylor sekitar dua tahun yang lalu. Akibatnya, danau tersebut pun menjadi terperangkap dan mengeluarkan air berwarna merah karat dari celah gletser.

6. Jembatan Iblis

Walau punya tampilan yang indah bak jembatan dongeng, Jembatan Rakotzbr├╝cke di kota Kromlau justru berjulukanJembatan Iblis.

Julukan ini muncul begitu saja dari penduduk setempat, lantaran pantulan air dari jembatan ini membentuk lingkaran sempurna. Maka tak heran, jika jembatan ini kerap disebut sebagai portal yang menghubungkan dunia lain.

7. Garis Nazca

Gurun Peru juga punya misteri arkeologi yang populer di antara para peneliti dan bahkan publik. Ada sebuah raksasa geoglyph yang terdiri dari “garis putih” dan membentuk gambar binatang, manusia dan geometris.

Tak ada yang tahu asal usul pasti dari geolgypyh misterius tersebut. Namun, para ilmuwan meyakini bahwa keanehan alam ini diciptakan oleh kaum Nazca antara 200 SM dan 600 M untuk menyembah para dewa.

8. Great Blue Hole

Terdapat sebuah lubang raksasa berwarna biru gelap yang menawan di tengah lautan. Namanya Great Blue Hole dan lokasinya ada di kawasan Belize, pesisir timur Amerika Tengah. Misteri alam ini punya lebar 318 meter dan kedalaman 124 meter dan belum teridentifikasi sepenuhnya.

Namun, misteri tersebut terpecahkan oleh Fabien Cousteau dan Sir Richard Branson. Mereka membentuk tim ekspedisi yang merekam video isi lubang tersebut dari kapal selam. Dari penelusuran ini, terlihat pepohonan stalaktit yang indah dan menawan.

9. Moving Stone

Tahukah kamu bahwa adegan Patrick dan Spongebob mengendarai sebuah batu berjalan dalam serial Spongebob Squarepants, terinspirasi dari fenomena batu bergerak di Death Valley?

Para peneliti mengklaim bahwa batu-batu di sana sering berpindah sendiri saat tak ada orang yang melihat. Masih satu kawasan Death Valley, fenomena batu bergerak ini banyak ditemukan di di Racetrack Playa.

Sampai sekarang, para ilmuwan belum bisa menjawab bagaimana batu-batu besar ini dapat berpindah tanpa bantuan manusia. Apalagi tak ada tanda-tanda pemukiman masyarakat di sini, mengingat tempat ini sangatlah panas dan tak layak huni.

10. Lake Hillier

Terbang ke Australia Barat, ada sebuah danau cantik berwarna merah muda yang memikat perhatian siapa saja yang melihatnya. Pertama kali ditemukan pada 1802 oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris, danau ini dinamakan dengan Lake Hillier.

Danau ini terbentang sepanjang 599,8 meter dan lebar 250 meter. Warna merah muda dari danau itu berasal dari Halobacteria dan alga Dunalliella salina yang berhabitat di perairan tersebut.

Nah, itulah 10 tempat paling misterius di dunia. Meski misterius, sebagian daftar lokasi di atas jauh dari kata seram dan menyimpan keindahan yang luar biasa. Apakah di tempatmu ada sebuah tempat misterius juga, Sobat?

Baca juga : Mengenal Wisata Wanagiri Hidden Hills